Inilah hebatnya bisnis Distro, sehingga berkembang sampai sekarang ini !!!

Tau kah kamu? Bahwa bisnis distro sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Pada mulanya, distro lahir karena keinginan anak muda untuk membangun identitas dan kebebasan dalam mengekspresikan dirinya, tetapi dalam kondisi yang serba terbatas. Perkembangan tersebut didorong pula oleh krisis keuangan yang melanda Indonesia sehingga anak muda tidak mampu lagi membeli barang impor sebagai penanda identitas.

Di Indonesia distro bermula dari Bandung di pertengahan tahun 90-an, kemudian berkembang lebih jauh menjadi distributor bagi produk clothing lokal dan menjadi sebuah industri kreatif yang bukan lagi sebuah usaha kecil-kecilan. Kalau kamu hidup di Jakarta atau Bandung, pasti sudah terbiasa dengan yang namanya ‘Distro’. Distro adalah sebuah toko yang menjual produk-produk fashion karya anak bangsa. Karena adanya buatan lokal jadi harga yang ditawarkan juga tidak terlalu tinggi.

Distro menjual produk dengan karakteristik sebagai berikut:

  1. Personalized service, yaitu memberikan pelayanan yang disesuaikan dengan kebutuhan komunitasnya, khususnya anak muda.
  2. Freedom expression, produk dibuat dengan desain yang terus berganti sepanjang waktu dan terbebas dari status dan embel-embel lainnya.
  3. Limited edition, produk dibuat dalam jumlah terbatas, unik, dan tidak melayanirepeat order. Dari penelitian yang dilakukan, repeat order dapat dilakukan satu sampai dua kali saja selama bahan baku masih tersedia (biasanya untuk pasokan ke kota lain), tetapi tetap dalam jumlah yang terbatas karena ingin mempertahankan image bahwa produk tersebut bukan produk massal.
  4. Distribution network, produk disalurkan ke berbagai kota di Indonesia melalui jaringan kerjasama dengan penyalur lain, bahkan sebagian ada yang diekspor ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Australia.

 

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *